Sudah Tahu Perbedaan PNS dan PPPK ? Berikut 4 Poin Utama yang Membedakannya

4 Poin Utama yang Membedakan PNS dan PPPK
4 Poin Utama yang Membedakan PNS dan PPPK


Gtkjatim.com - ASN adalah Aparatur Sipil Negara yang terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Lantas apa perbedaanya ? Mari kita simak secara lengkap.

Keduanya ASN baik PNS maupun PPPK Memiliki hak gaji dan tunjangan sesuai dengan peraturan perunda-undangan.

PNS dan PPPK memiliki kewajiban yang harus dijalankan sebagai seorang ASN yaitu;

  1. Setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan pemerintah
  2. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
  3. Melaksanakan kebijakan yang dirumuskan pejabat pemerintah
  4. Menaati ketentuan peraturan perundang-undangan
  5. Melaksanakan tugas kedinasan
  6. Menunjukkan integritas dan keteladanan sikap, perilaku, dan tindakan
  7. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI

Perbedaan PNS dan PPPK

Ada empat perbedaan yang signifikan antara PNS dan PPPK, yang paling terasa adalah perbedaan pada formasi dan tunjangan hari tua. Berikut beberapa perbedaan PNS dan PPPK berdasarkan BKN.

1. Perbedaan Umum PNS dan PPPK

PNS diangkat untuk menduduki suatu jabatan pemerintah, dan PPPK diangkat dalam rangka menjalankan fungsi dan tugas pemerintah.

PNS memiliki masa percobaan selama satu tahun dan Latsar, sedangkan PPPK langsung diangkat dan menjalankan tugasnya tanpa melalui masa percobaan.

Gaji PNS saat CPNS hanya 80%. Sedasngkan PPPK saat diangkat gajinya langsung 100%.

2. Perbedaan Proses Seleksi PNS dan PPPK

Syarat Seleksi peserta CPNS memiliki usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Sedangkan PPPK minimal 20 tahun dan maksimal 59 tahun untuk PPPK Guru.

Dalam proses seleksi CPNS ada dua tahapan yaitu SKD dan SKB. SKD terdapat 110 soal yang terbagi dari TIU (Tes Intelegensi Umum), TKP (Tes Karakteristik Kepribadian), dan TWK (Tes Wawasan Kebangsaan). Jika lolos akan lanjut SKB (Seleksi Kompetensi Bidang). 

Untuk Seleksi PPPK ada 4 kriteria soal yaitu kompetensi teknis, kompetensi manajerial, kompetensi sosiokultural, dan wawancara. Hanya ada satu kali tes. Khusus untuk PPPK Guru, proses mengikuti seleksi maksimal 3 kali. Jika gagal di seleksi pertama bisa mencoba tahun depan sampai maksimal 3 kali. 

3. Perbedaan Jabatan dan Jenjang Karir PNS dan PPPK

PNS memiliki jabatan dan jenjang karir. Pangkat dan golongan ruangnya bisa terus berkembang dari tahun ke tahun. Seorang PNS bisa mengisi jabatan struktural dan fungsional sekaligus. 

PPPK pada umumnya hanya bisa mengisi jabatan fungsional. Tidak ada jenjang karir karena PPPK Bersifat pegawai kontrak dengan masa kerja yang terbatas. Namun, PPPK tidak harus merintis karir dari bawah seperti CPNS. PPPK bisa langsung mengisi jabatan tinggi di sebuah  lembaga. 

4. Perbedaan Hak Kepegawaian PNS dan PPPK

PNS dan PPPK sama-sama mendapatkan hak untuk mengajukan cuti, gaji bulanan, tunjangan, dan pengembangan kompetensi. Namun Perbedaan PNS dan PPPK terletak pada dana pensiun. 

Meskipun sudah pensiun atau sudah tidak aktif menjalankan tugas di pemerintahan PNS  tetap mendapatkan gaji, biasanya dalam bentuk dana pensiun yang cair setiap bulan. Besarnya dana pensiun biasanya 80% dari gaji pokok. Sedangkan PPPK tidak menerima dana pensiun karena bersifat kontrak. 

Demikian artikel kami kali ini mengenai 4 Poin Utama yang Membedakan PNS dan PPPK. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Sudah Tahu Perbedaan PNS dan PPPK ? Berikut 4 Poin Utama yang Membedakannya"