Nadiem Makarim : Tidak Ada Paksaan Bagi Guru Swasta Untuk Pindah Ke Sekolah Negeri

Tidak Ada Paksaan Bagi Guru Swasta Untuk Pindah Ke Sekolah Negeri
Tidak Ada Paksaan Bagi Guru Swasta Untuk Pindah Ke Sekolah Negeri

Gtkjatim.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menjawab dengan tegas polemik yang timbul di seleksi PPPK Guru Tahap 2 yang menyebabkan migrasi besar-besaran Guru Sekolah Swasta ke Sekolah Negeri.

Mendikbudristek Nadiem Makarim menyarankan agar Komisi X DPR RI untuk mencari informasi dari guru swasta, apakah mereka benar dipaksa untuk ikut tes PPPK guru tahap 2 atau tidak dan apalah mereka dipaksa pindah ke sekolah negeri.

"Bapak, ibu anggota dewan yang terhormat bisa mengetahui itu ketika bertanya langsung kepada guru swasta. Bukan tanya kepada sekolah atau yayasan," kata Nadiem Makarim dalam rapat kerja Komisi X DPR RI.

Baca Juga:
Jadwal Pengisian DRH PPPK Guru Tahap 2 Diperpanjang !

Nadiem mengaku telah melakukan komunikasi dengan guru-guru swasta dan yang menjadi garis besarnya adalah kesejahteraan para Guru Sekolah Swasta.

Rekrutmen PPPKmerupakan peluang mereka untuk meningkatkan kesejahteraannya dan niat para guru swasta untuk mengikuti tes PPPK 2021 ini tidak bisa dihalau. Hal tersebut terdapat pada UU ASN dan aturan turunannya yang membuka kesempatan seluas-luasnya bagi WNI untuk mengikuti seleksi ASN.

Tidak ada pemaksaan guru swasta untuk pindah ke sekolah negeri. Mereka sadar dengan konsekuensinya ketika mendaftar sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) mereka harus siap untuk pindah ke sekolah yang sudah dipilih.

Baca Juga:
Modul Belajar PPPK Guru Semua Mapel

Pemerintah membuka rekrutmen PPPK guru 2021 untuk menyasar guru-guru honorer negeri, swasta, lulusan pendidikan profesi guru (PPG), dan individu yang belum pernah mengajar, tetapi punya kualifikasi.

Ketika guru swasta melamar PPPK 2021, lanjutnya, masing-masing sudah tahu ketentuannya, yaitu harus pindah ke sekolah negeri.

"Mereka ketika mendaftar PPPK, diwajibkan memilih sekolah. Itu semua sekolah negeri," ucap Mas Nadiem.

Baca Juga:
Siapkan 8 Dokumen Yang Harus Disiapkan Untuk Mengisi Daftar Riwayat Hidup (DRH) Untuk Penetapan NIP PPPK

Dia membantah bahwa guru swasta terpaksa pindah sekolah negeri. 

Menurutnya, guru-guru swasta ini dengan kesadarannya sendiri memilih sekolah negeri. 

Ketika mereka ikut tes PPPK guru tahap 2 dan dinyatakan lulus, kata Nadiem Makarim, harus menempati sekolah pilihannya itu.

"Kalau ada informasi bahwa pemerintah memaksa guru swasta akan kami mitigasi. Yang saya tahu pemilihan formasi itu sudah diketahui masing-masing pelamar termasuk guru swasta," terangnya.

Baca Juga:
Latihan Soal dan Try Out PPPK Tahap 3

Dia memastikan pemerintah tidak akan menutup peluang guru swasta ikut seleksi PPPK, apa lagi UU ASN dan PermenPAN-RB Nomor 28 Tahun 2021 memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi seluruh WNI yang memenuhi persyaratan.

sumber:jpnn

Post a Comment for "Nadiem Makarim : Tidak Ada Paksaan Bagi Guru Swasta Untuk Pindah Ke Sekolah Negeri"