Soal Try Out PPPK SIMPKB Guru SD Modul IPA

Gtkjatim.com - Berikut ini adalah Soal tryout PPPK SIMPKB Guru SD Modul IPA dengan 4 pokok bahasan.

soal-try-out-pppk-simpkb-guru-sd-modul-ipa
Soal Try Out PPPK SIMPKB Guru SD Modul IPA


baca juga : Soal Try Out PPPK Guru SD Bahasa Indonesia Pembelajaran 1: Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Teks

Modul belajar mandiri ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep pembelajaran tentang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada jenjang PGSD.

Komponen-komponen di dalam modul belajar mandiri ini dikembangkan dengan tujuan agar calon guru PPPK dapat dengan mudah memahami materi esensial terkait Metode Ilmiah, Materi dan Perubahannya, Gaya dan Energi, Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan, Bumi dan Alam Semesta,sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

baca juga : TWIBBON HUT RI KE-76 TAHUN 2021, TEMA DAN LOGO RESMI

Soal Tryout PPPK SIMPKB Guru SD Modul IPA Terdiri dari:

  •  Pembelajaran 1: Metode Ilmiah, Materi dan Perubahannya
  •  Pembelajaran 2: Gaya dan Energi
  •  Pembelajaran 3: Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
  •  Pembelajaran 4: Bumi dan Alam Semesta

Soal Tryout PPPK SIMPKB Guru SD Modul IPA  Pembelajaran 1: Metode Ilmiah, Materi dan Perubahannya

Metode Ilmiah, Materi dan Perubahannya merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) agar mampu Menguasai metode ilmiah, langkah-langkah metode ilmiah dan aplikasinya dalam pembelajaran di SD dan Menguasai   materi   dan   perubahannya,   serta   aplikasinya dalam pembelajaran di SD

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi Metode Ilmiah, Tahap-Tahap Metode Ilmiah, Materi dan Perubahannya dan Metode Ilmiah, Tahap-Tahap Metode Ilmiah, Materi dan Perubahannya, dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline. 

Selain itu, bahan paparan atau media lain disertakan untuk membantu Anda dalam mempelajari materi. Pada akhir sesi pembelajaran, Anda diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang disajikan sebagai reviu pembelajaran yang sudah Anda lakukan.


Tryout PPPK SIMPKB Guru SD Modul IPA  Pembelajaran 1: Metode Ilmiah, Materi dan Perubahannya Mulai Mengerjakan Disini

Soal Tryout PPPK SIMPKB Guru SD Modul IPA  Pembelajaran 2: Gaya dan Energi

Gaya dan Energi merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru Ilmu Pengetahuan Alam agar mampu Menguasai gaya dan aplikasinya dalam pembelajaran di SD dan Menguasai energi dan perubahannya dan aplikasinya dalam pembelajaran di SD, Menguasai konsep pesawat sederhana dan aplikasinya dalam pembelajaran di SD

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi Gaya dan Energi dan Hukum Newton, Energi, Bentuk Energi dan Perubahannya, Energi dan Usaha, Pesawat Sederhana, dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline. 


Tryout PPPK SIMPKB Guru SD Modul IPA  Pembelajaran 2: Gaya dan Energi Mulai Mengerjakan Disini


Soal Tryout PPPK SIMPKB Guru SD Modul IPA  Pembelajaran 3: Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru Ilmu Pengetahuan Alam agar mampu Menguasai sistem organ pernapasan, mekanisma proses pernapasan pada manusia dan aplikasinya dalam pembelajaran di SD dan Menguasai sistem organ pencernaan dan mekanisma proses pencernaan manusia serta aplikasinya dalam pembelajaran di SD, 3.    Menguasai sistem organ jantung, peradaran darah dan mekanisma proses kerja jantung serta aplikasinya dalam pembelajaran di SD.

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi Organ Pernapasan, Mekanisma Proses Peredaran Darah, Sel darah merah (eritosit), Sel darah putih (leukosit), Keping darah (trombosit), Peredaran Darah Manusia, dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline. 

Tryout PPPK SIMPKB Guru SD Modul IPA  Pembelajaran 3: Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan Mulai Mengerjakan Disini

Soal Tryout PPPK SIMPKB Guru SD Modul IPA Pembelajaran 4: Bumi dan Alam Semesta

Bumi berasal dari suatu gumpalan kabut raksasa yang meledak dahsyat, kemudian membentuk galaksi dan nebula. Setelah itu, nebula membeku membentuk galaksi Bima Sakti, lalu sistem tata surya. Bumi terbentuk dari bagian kecil ringan yang terlempar ke luar saat gumpalan kabut raksasa meledak yang mendingin dan memadat sehingga terbentuklah bumi. Tiga tahap proses pembentukan bumi, yaitu mulai dari awal bumi terbentuk, diferensiasi sampai bumi mulai terbagi ke dalam beberapa zona atau lapisan, yaitu inti dalam, inti luar, mantel dalam, mantel luar, dan kerak bumi.

Tata surya (Solar System) terdiri dari matahari, planet, serta benda- benda langit lainnya seperti satelit, komet, meteor, dan asteroid. Tata surya dipercaya terbentuk sejak 4.600 juta tahun yang lalu. Ada dua paham yang berhubungan dengan tata surya, yaitu paham geosentris dan paham heliosentris.

Planet berasal dari bahasa Yunani Asteres Planetai yang berarti bintang pengelana. Hal ini disebabkan karena planet dari waktu ke waktu selalu berkelana (berpindah-pindah) dari rasi bintang satu ke rasi bintang lainnya. Menurut terminologi astronomi, planet merupakan benda langit dengan ukuran relatif besar yang mengelilingi matahari. Planet tidak dikategorikan sebagai bintang karena tidak bercahaya. Sampai saat ini telah dikenal sembilan planet, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto

Tryout PPPK SIMPKB Guru SD Modul IPA Pembelajaran 4: Bumi dan Alam Semesta Mulai Mengerjakan Disini

Post a Comment for "Soal Try Out PPPK SIMPKB Guru SD Modul IPA"