Soal PPPK Guru Prakarya PKWU

Gtkjatim.com - Banyak teman-teman guru yang mengirimkan request perihal Latihan Soal PPPK Guru Prakarya PKWU akhir-akhir ini. Hal tersebut karena berdasarkan Surat Edaran Linieritas Pendidikan yang menyebutkan ada beberapa jurusan yang linier dengan Prakarya.

download : Modul Belajar Mandiri PPPK Lengkap Semua Mapel

Karena hal tersebut, banyak guru dari Mapel IPA dan mapel lainnya yang linier dengan mapel prakarya/PKWU berbondong-bondong memilih formasi tersebut.

Hal ini karena melimpahnya lowongan formasi guru Prakarya/PKWU yang tersedia di berbagai jenjang pendidikan. Alasan lainnya adalah guru tersebut tidak mendapatkan jatah formasi apabila melamar sesuai dengan Ijazahnya.

download : Modul UP Mahasiswa PPG 2021 Semua Mata Pelajaran

Soal PPPK Guru Prakarya PKWU
download : Modul Pedagogik Pembelajaran 1 - 7 Seri Guru Belajar PPPK

Pada kesempatan ini, kami akan berbagi Latihan Soal PPPK Guru Prakarya PKWU yang bisa anda gunakan sebagai latihan untuk menghadapi Seleksi PPPK Guru 2021.

Namun sebelumnya, silahkan simak beberapa Istilah-istilah penting yang sering digunakan dalam mata pelajaran Prakarya/PKWU.

Daftar istilah pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan /PKWU, sumber: rintokusmiran.com

KERAJINAN

Bahan alam segala benda yang dihasilkan dari lingkungan, merupakan hasil ciptaan Tuhan YME.
Bahan alam terdiri dari; tanah liat, kayu, bambu, rotan, serat alam, batu, logam.
bahan buatan segala sesuatu yang dibuat oleh manusia dengan tujuan menduplikasi atau efek tiruan dari sebuah benda, dapat pula memberi nilai ekonomis. Contoh bahan buatan; plastik, fi berglass, gips, lilin, sabun, paperclay, clay, polymer clay, plastisin dan sebagainya.
Kemasan media pembungkus atau pelindung dari sebuah benda; proses membuat pembungkus sebuah benda.
Konstruktif sifat yang bernilai kuno, mempunyai unsur seni dan bernilai sepanjang masa.
Ragam hias terdiri dari berbagai motif yang disatukan, disebut juga ornament. Setiap daerah di Indonesia memiliki banyak ragam hias/ ornament.
Ritual proses pewarnaan dengan caradi kuas/dicolet dengan kapas.
Simbolik isian pelengkap sebagai variasi dari ornamen pokok.

 

REKAYASA

gagasan rancangan yang tersusun dipikiran interview percakapan antara 2 orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara.
komponen bagian dari keseluruhan yang membentuk suatu kesatuan.
observasi aktifitas terhadap suatu proses atau objek dengan maksud merasakan dan kemudian memahami pengetahuan dari sebuah fenomena.
original asli
persepsi tindakan menyusun, mengenali, dan menafsirkan informasi sensoris guna memberikan gambaran dan pemahaman tentang lingkungan.
prosedur serangkaian aksi yang spesifi k, tindakan atau operasi yang harus dijalankan atau dieksekusi dengan cara yang sama.
relevan ada hubungannya.
sistem pengendali suatu alat untuk mengendalikan, memerintah, dan mengatur keadaan dari suatu sistem.
skema bagan atau rangka
teknologi keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
teknologi konstruksi studi mengenai metode canggih serta peralatan yang bisa digunakan untuk membangun sebuah struktur.
estetika ilmu yang membahas bagaimana keindahan bisa terbentuk, dan bagaimana supaya dapat merasakannya

 

BUDI DAYA

bahan alam segala benda yang dihasilkan dari lingkungan, merupakan hasil ciptaan Tuhan YME. Bahan alam terdiri dari; tanah liat, kayu, bambu, rotan, serat alam, batu, logam.
bahan buatan segala sesuatu yang dibuat oleh manusia dengan tujuan menduplikasi atau efek tiruan dari sebuah benda, dapat pula memberi nilai ekonomis. Contoh bahan buatan; plastik, fi berglass, gips, lilin, sabun, paperclay, clay, polymer clay, plastisin dan sebagainya.
kemasan media pembungkus atau pelindung dari sebuah benda; proses membuat pembungkus sebuah benda.
konstruktif sifat yang bernilai kuno, mempunyai unsur seni dan bernilai sepanjang masa.
ragam hias terdiri dari berbagai motif yang disatukan, disebut juga ornament. Setiap daerah di Indonesia memiliki banyak ragam hias/ ornament.
ritual proses pewarnaan dengan caradi kuas/dicolet dengan kapas.
simbolik isian pelengkap sebagai variasi dari ornamen pokok.

 

PENGOLAHAN

Apresiasi Suatu proses melihat, mendengar, menghayati, melihat, menilai, menjiwai, dan membandingkan atau menghargai suatu karya seni; penilaian baik atau penghargaan terhadap suatu karya.
Chef Kepala koki, orang yang memimpin seluruh kru di dapur atau restauran agar memasuki semua pesanan costumer.
Ditribusi Kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah menyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen.
Efektif mempunyai arti efek, pengaruh, akibat atau membawa hasil; pencapaian tujuan secera tepat atau memilih tujuan-tujuan yang tepat dari serangkaian
alternatif atau pilihan cara dan menentukan pilihan dari beberapa pilihan lainya; pengukuran keberhasilan dalam pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditentukan
Estetis Rasa keindahan yang berkaitan dengan kejiwaan; menyangkut apresiasi keindahan (alam,seni, dan satra); mempunyai penilaian terhadap keindahan.
Fenomena Rangkaian peristiwa serta bentuk keadaan yang dapat diamati dan dinilai lewat kacamata ilmiah atau lewat disiplin ilmu tertentu; suatu hal yang bisa disaksikan dengan pancaindra dan dapat di terangkan serta dinilai secara ilmiah.
Fleksibel lentur, mudah dibengkokkan; luwes, mudah dan cepat menyesuaikan; kemampuan kita untuk dapat menyesuaikan dengan perasaan, pikiran bahkan tindakan dengan keadaan yang berubah-ubah.
Inovasi Suatu penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya; upaya melakukan perbaikan, menyajikan sesuatu yang baru/unik yang berbeda dan yang sudah ada.
Inspirasi Sebuah tujuan dalam kehidupan kita yang akan membawa kita pada suatu motivasi dan kebahagiaan tersendiri dalam kehidupan kita; inspirasi atau ilham adalah kondisi yang secara istimewa mendatangkan pelbagai bentuk kegiatan kreatif manusia.
Kadaluarsa Sudah lewat jangka waktunya; habis tempo; terlewat dari batas waktu berlakunya sebagaimana yang ditetapkan.
Komoditas Benda nyata yang relatif mudah diperdagangkan, dapat diserahkan secara fisik, dapat disimpan untuk suatu jangka waktu tertentu dan dapat dipertukarkan dengan produk lainnya dengan jenis yang sama, yang biasanya dapat dibeli atau dijual oleh investor melalui bursa berjangka.
Kooperatif Sikap yang menunjukkan kerjasama, tidak melakukan penentangan terhadap suatu sikap individu maupun golongan tertentu.
Nutrisi Subtansi organik yang dibutuh organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan.
Wirausaha Seorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya meliputi kepandaian mengenali produk baru, menentukan cara produk baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi; orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru.

Latihan Soal PPPK Terbaru

Berikut ini adalah Soal PPPK Guru Prakarya dan Kewirausahaan Tahun 2021

1. Model pengembangan kognitif menurut seorang pakar bernama Guilford. Adalah ….

a.  Menunjukan keragaman keterampilan kognitif manusia, yang digambarkan dalam bentukan empat dimensi intelektual untuk menampilkan semua kemampuan kognitif manusia. Kempat dimensi itu ialah konten, produk,proses dan operasi

b.  Menggambarkan keragaman kemampuan kognitif manusia, yang digambarkan dalam bentukan kubus tiga dimensi intelektual untuk menampilkan semua kemampuan kognitif manusia. Ketiga dimensi itu ialah konten, produk dan operasi mental

c. Menggambarkan keragaman kemampuan kognitif manusia, yang digambarkan dalam bentukan empat dimensi intelektual untuk menampilkan semua kemampuan kognitif manusia. Ketiga dimensi itu ialah konten, produk dan operasi

d. Menunjukan keragaman kemampuan kognitif manusia, yang digambarkan dalam bentukan kubus tiga dimensi intelektual untuk menampilkan semua kemampuan kognitif manusia. Ketiga dimensi itu ialah konten, produk dan operasi

e. Menunjukan keragaman kemampuan kognitif manusia, yang digambarkan dalam bentukan kubus tiga dimensi intelektual untuk menampilkan semua kemampuan kognitif manusia. Ketiga dimensi itu ialah konten, produk dan hasil

2. Tujuan Identifikasi kemampuan awal peserta didik adalah ….

a.  salah satu upaya para Peserta didik untuk memperoleh pemahaman tentang; tuntutan, bakat, minat, kebutuhan dan kepentingan peserta didik, berkaitan dengan suatu program pembelajaran tertentu

b.  salah satu upaya peserta didik untuk memperoleh pemahaman tentang; tuntutan, bakat, minat, kebutuhan dan kepentingan guru, berkaitan dengan suatu program pembelajaran tertentu

c.  salah satu cara peserta didik untuk memperoleh pemahaman tentang; tuntutan, bakat, minat, kebutuhan dan kepentingan guru, berkaitan dengan suatu program pembelajaran tertentu

d.  salah satu upaya para guru untuk memperoleh pemahaman tentang; tuntutan, bakat, minat, kebutuhan dan kepentingan guru, berkaitan dengan suatu program pembelajaran tertentu

e.  salah satu upaya para guru yang dilakukan untuk memperoleh pemahaman tentang; tuntutan, bakat, minat, kebutuhan dan kepentingan peserta didik, berkaitan dengan suatu program pembelajaran tertentu

3. Aspek yang mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik adalah ……..

a.  aspek fisiologis , psikologis, aspek sosial dan non sosial

b.  aspek lingkungan , gender, aspek sosial dan non sosial

c.  aspek keturunan , psikologis, aspek sosial dan non sosial

d.  aspek gender , psikologis, aspek sosial dan non sosial

e.  aspek gender , psikologis, fisiologis, aspek sosial dan non sosial

4. Dari banyaknya definisi/batasan yang dikemukakan oleh para ahli, namun esensi dari pengertian penilaian portofolio adalah...

a.  Kumpulan hasil karya siswa

b.  Rekaman hasil karya siswa

c.  Rangkaian hasil karya siswa

d.  Kumpulan nilai siswa

e.  Kumpulan siswa

5. Untuk mencegah terjadinya jawaban siswa yang sangat beragam, jenis tes uraian yang paling tepat adalah....

a.  Tes uraian bebas

b.  Tes uraian terbatas

c.  Yang sederhana

d.  Yang sangat kompleks

e.  Yang aktual

6. Apa yang dimaksudkan dengan kesulitan belajar …..

a.  suatu keadaan dimana peserta didik tidak dapat  belajar  sebagaimanamestinya

b.  suatu keadaan dimana peserta didik tidak dapat menyerap pengetahuan dengan sebagaimana mestinya

c.  suatu keadaan dimana peserta didik tidak dapat menyerap keterampilan dengan sebagaimana mestinya

d.  suatu keadaan dimana peserta didik tidak dapat menyerap pengetahuan dan keterampilan dengan sebagaimana mestinya

e.  suatu keadaan dimana peserta dapat menyerap pengetahuan dan keterampilan dengan sebagaimana mestinya

7. Dalam setiap kali penilaian Pak Joni  selalu membuat rubrik penilaian yang berisi kriteria penilaian yang mencerminkan kompetensi yang akan dinilai. Hal ini sesuai dengan prinsip penilaian....

a.  Sistematis

b.  Beracuan kriteria

c.  Menyeluruh

d.  Adil

e.  Akuntabel

8. Pagi ini pembagian  raport untuk siswa “SMP Negeri 4 Muara Sugihan”. Pak Tri adalah guru PKWU di SMP tersebut. Saat sehabis pembagian raport tiba-tiba Pak Tri di datangi oleh orang tua wali murid sambil marah-marah dan menggerutu karena nilai anaknya jelek padahal menurutnya anaknya adalah siswa yang pintar. Pak Tri kemudian menjelaskan teknik prosedur dan hasil pengolahan nilainya dari harian, PTS dan PAT serta nilai sikap siswa dengan buku catatan penilaian lengkap. Dan akhirnya orang tua tersebut dapat mengerti bahwa nilai anaknya memang sesuai dengan fakta. Dengan demikian Pak Tri telah melaksanakan prinsip penilaian...

a.  Adil

b.  Objektif

c.  Menyeluruh

d.  Sistematis

e.  Akuntabel

9. Hari ini diadakan penilaian harian oleh Pak Iman guru Prakarya dan Kewirausahaan. Jumlah soal ada 10. Siswa dengan absen ganjil mengerjakan nomor ganjil, siswa dengan nomor absen genap mengerjakan soal nomor genap. Yang dilakukan Pak Iman tidak sesuai dengan prinsip penilaian...

a.  Adil

b.  Objektif

c.  Menyeluruh

d.  Sistematis

e.  Beracuan kriteria

10. Kemampuan yang dimiliki seseorang yang dapat dikembangkan dan ditingkatkan apabila dilatih dengan baik. Kemampuan yang terlatih ini akan menjadi suatu kecakapan, keahlian, dan ketrampilan dalam bidang tertentu adalah ….

a.  Potensi fisik

b.  Potensi individu

c.  Potensi kelompok

d.  Potensi manusia

e.  Potensi diri

11, Untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat, kondisi, dan perkembangan peserta didik, dengan memperhatikan kondisi sekolah adalah….

a.  tujuan pengembangan bakat dan minat

b.  tujuan pengembangan minat

c.  tujuan pengembangan bakat

d.  tujuan pengembangan diri

e.  tujuan pengembangan keterampilan

12. Tujuan pengembangan diri adalah ….

a.  Untuk mengembangkan bakat, minat, kreaktivitas, kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan kehidupan keagamaan, kemampuan profesional, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan karir, kemampuan pemecahan masalah, dan kemandirian.

b.  Untuk mengembangkan bakat, minat, kreaktivitas, kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan kehidupan keagamaan, kemampuan sosial, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan karir, kemampuan pemecahan masalah, dan juga  kemandirian.

c.  Untuk mengembangkan bakat, minat, kreaktivitas, kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan kehidupan berkeluarga, kemampuan sosial, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan karir, kemampuan pemecahan masalah, dan kemandirian.

d.  Untuk mengembangkan bakat, minat, kreaktivitas, kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan kehidupan keagamaan, kemampuan sosial, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan pekerjaan, kemampuan pemecahan masalah, dan kemandirian.

e.  Untuk mengembangkan bakat, minat, kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan kehidupan keagamaan, kemampuan sosial, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan pekerjaan, kemampuan pemecahan masalah, dan kemandirian.

baca juga : Pelamar CPNS dan PPPK Banyak Gagal Seleksi Administrasi Sebelum Pengumuman Resmi, Kok Bisa ?

13. Pengertian menganalisis pengetahuan Awal peserta didik adalah ……………

a.  Kegiatan menganalisis pengetahuan awal dalam pengembangan pembelajaran merupakan pendekatan menerima peserta didik apa adanya dan menyusun sistem pembelajaran atas dasar keadaan peserta didik tersebut

b.  Kegiatan menelaah pengetahuan awal dalam pengembangan pembelajaran merupakan pendekatan menerima peserta didik apa adanya dan menyusun sistem pembelajaran atas dasar keadaan peserta didik tersebut

c. Kegiatan mengidentifikasi pengetahuan awal dalam pengembangan pembelajaran merupakan pendekatan menerima peserta didik apa adanya dan menyusun sistem pembelajaran atas dasar keadaan peserta didik tersebut

d.  Kegiatan mengukur pengetahuan awal dalam pengembangan pembelajaran merupakan pendekatan menerima peserta didik apa adanya dan menyusun sistem pembelajaran

e.  Kegiatan mengukur pengetahuan awal dalam pengembangan pembelajaran merupakan pendekatan menerima peserta didik apa adanya dan menyusun sistem pembelajaran dan keterampilan

14. Media yang tepat untuk mengajarkan kebutuhan ekonomi yang melonjak tinggi adalah....

a.  Potongan artikel media cetak

b.  Vidio di kanal youtube

c.  Tayangan berita di televisi

d.  Daftar harga barang pokok terbaru

e.  Buku paket

15. Seorang merancang evaluasi dengan mendasarkan pada indikator dan tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan di RPP. Evaluasi tersebut dimaksud untuk menentukan hasil dan kemampuan belajar siswa, maka jenis evaluasi yang dapat di pilih oleh guru adalah...

a.  Evaluasi formatif

b.  Evaluasi sumatif

c.  Evaluasi selektif

d.  Evaluasi diagnostik

e.  Evaluasi penempatan

16. Proses kognitif (cognitive processes) adalah ….

a.  Pengembangan pada pemikiran, intelegensi, dan bahasa individu.

b.  Perumusan pada pemikiran, intelegensi, dan bahasa individu.

c.  Perubahan pada pemikiran, intelegensi, dan bahasa individu.

d.  Penataan pada pemikiran, intelegensi, dan bahasa individu.

e.  Penjelasan pada pemikiran, intelegensi, dan bahasa individu.

17. Model pengembangan Taksonomi Bloom pada perilaku kognitif terdiri dari ….

a. enam tingkat perilaku kognitif yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan evaluasi

b. lima tingkat perilaku kognitif yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis

c. tuju tingkat perilaku kognitif yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, evaluasi dan kreaktifitas

d. enam tingkat perilaku kognitif yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan kreaktifitas

e. enam tingkat perilaku kognitif yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan akuntabilitas

18. Dalam setiap pembelajaran, Pak Kus  selalu mengadakan penilaian untuk melihat daya serap siswa terhadap materi yang telah diberikan...

a. Sistematis

b. Beracuan kriteria

c. Terpadu

d. Sahih

e. Akuntabel

19. Seorang guru ingin mengetahui kemampuan siswa dalam mengatur dan mengelola perbedaan pendapat ketika dilakukan diskusi kelompok. Guru tersebut membuat lembar daftar cek (check list) dalam bentuk skala yang harus disajikan oleh siswa untuk menilai temen kelompoknya. Jenis penilaian otentik-holistik yang dapat dipilih oleh guru tersebut adalah...

a. Penilaian kinerja

b. Penilaian proyek

c. Penilaian portofolio

d. Penilaian terbuka

e. Penilaian diri

20. Disediakan dua magnet dan paku, siswa SMP melakukan percobaan tarik menarik kutub medan magnet. Komponen tujuan pembelajaran yang kurang dari hal tersebut adalah....

a. Condition

b. Behavior dan Degree

c. Condition dan Degree

d. Audience

e. Degree

download : Latihan Soal PPPK Online Kemampuan Manajerial

Post a Comment for "Soal PPPK Guru Prakarya PKWU"