Persentase Jalur PPDB Jenjang SMA Tahun 2021

Persentase Jalur PPDB Jenjang SMA Tahun 2021

Persentase Jalur PPDB Jenjang SMA Tahun 2021 gtkjatim.com - Persentase Jalur PPDB dipaparkan oleh Direktorat Jenderal PAUD DikDasmen Direktorat Sekolah Menengah Atas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dibawah ini kami sampaikan ringkasan paparannya.

Zonasi (Minimal 50%)

Dalam hal calon peserta didik tidak memiliki kartu keluarga karena keadaan tertentu, maka dapat diganti dengan surat keterangan domisili dari rukun tetangga atau rukun warga yang dilegalisir oleh lurah/kepala desa atau pejabat setempat lain yang berwenang menerangkan bahwa peserta didik yang bersangkutan telah berdomisili paling singkat 1 (satu) tahun sejak diterbitkannya surat keterangan domisili
Keadaan tertentu meliputi:
a. bencana alam; dan/atau
b. bencana sosial

Persentase Jalur PPDB Jenjang SMA Tahun 2021
Persentase Jalur PPDB Jenjang SMA Tahun 2021

Jalur Afirmasi (Minimal 15%)

1. Jalur afirmasi diberlakukan bagi peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dan penyandang disabilitas.
2. Peserta didik baru yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dibuktikan dengan bukti keikutsertaan peserta didik dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah.
3. Peserta didik yang masuk melalui jalur afirmasi merupakan peserta didik yang berdomisili di dalam dan di luar wilayah zonasi Sekolah yang bersangkutan.
4. Dalam hal calon peserta didik yang mendaftar melalui jalur afirmasi melampaui jumlah kuota jalur afirmasi yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah setempat, maka penentuan peserta didik dilakukan dengan memprioritaskan jarak tempat tinggal calon peserta didik yang terdekat dengan Sekolah.

Jalur Perpindahan Orang tua/wali (Maksimal 5%)

1) Dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan.
2) Jika terdapat sisa kuota jalur perpindahan tugas orang tua/wali, maka sisa kuota dapat dialokasikan untuk calon peserta didik pada Sekolah tempat orang tua/wali mengajar.
3) Penentuan peserta didik dalam jalur perpindahan tugas orang tua/wali diprioritaskan pada jarak tempat tinggal calon peserta didik yang terdekat dengan Sekolah.

Jalur Prestasi

1. Ditentukan berdasarkan:
a. rapor yang dilampirkan dengan surat keterangan peringkat nilai rapor peserta didik dari Sekolah asal; dan/atau
b. prestasi di bidang akademik maupun nonakademik.
2. Rapor menggunakan nilai rapor pada 5 semester terakhir.
3. Bukti prestasi diterbitkan paling singkat 6 bulan dan paling lama 3 tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB.


Post a Comment for "Persentase Jalur PPDB Jenjang SMA Tahun 2021"