POS Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2019/2020

POS Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2019/2020



Sahabat pembaca teamdapodikdasmen, pada kesempatan kali ini kami bagikan POS Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2019/2020.


POS Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2019/2020 ini dikeluarkan oleh Kementerian Agama Repubublik Indonesia yang di tujukan kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Up. Kepala Bidang Pendidikan Madrasah/Pendididikan Islam di — seluruh Indonesia.

Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 247 Tahun 2020 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2019/2020 untuk diketahui, dipedomani dan sosialisasikan kepada Kemenag Kabupaten/Kota dan Madrasah di wilayahnya.

A. Latar Belakang
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian Yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional pasal 2 ayat 1 menyebutkan bahwa Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan merupakan penilaian hasil belajar oleh Satuan Pendidikan yang bertujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran. Pasal 3 menyebutkan bahwa ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang. Hal tersebut menegaskan bahwa satuan pendidikan diberi kewenangan untuk menyelenggarakan ujian pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya. Untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan pada akhir jenjang pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) perlu diadakan ujian akhir jenjang pendidikan yang disebut Ujian Madrasah (UM). Dalam rangka standarisasi penyelenggaraan UM, maka disusun Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Madrasah (POS UM) sebagai panduan bagi madrasah dan pemangku kepentingan lainnya.

B. Tujuan UM
Ujian Madrasah bertujuan untuk mengukur pencapaian Standar Kompetensi Lulusan pada akhir jenjang pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).

Baca juga : POS Ujian Nasional 

Sedangkan Persyaratan Peserta UM adalah sebegai berikut :
1. Jenjang MI:
a. Terdaftar pada tahun terakhir pada MI.
b. Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar mulai kelas IV semester 1 (satu) sampai dengan kelas VI semester 1 (satu).
2. Jenjang MTs, MA dan MAK:
a. Terdaftar pada tahun terakhir pada MTs, MA, dan MAK.
b. Memiliki laporan lengkap penilaian basil belajar pada MTs, MA dan MAK mulai semester 1 (satu) tahun pertama sampai dengan semester 1 (satu) tahun terakhir.
c. Memiliki laporan lengkap penilaian basil belajar mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima) untuk siswa MTs/ MA penyelenggara sistem kredit semester (SKS).

Untuk lebih memahami POS Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2019/2020, di bawah sudah kami sediakan link download file POS Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2019/2020 dalam bentuk pdf.

Download POS Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2019/2020


Nah, sahabat pembaca teamdapodikdasmen, demikian postingan kami kali ini mengenai POS Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2019/2020, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Demikian, Salam Sabar !!!!!

Post a Comment for "POS Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2019/2020"