DOMNIS USP-BKS SMA Provinsi Jawa Timur

DOMNIS USP-BKS SMA Provinsi Jawa Timur



Sahabat Pembaca Teamdapodikdasmen, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi mengenai Pedoman teknis Ujian Satuan Pendidikan Berbasis Komputer dan Smartphone (USP-BKS).


Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian Yang Diselenggarakan Oleh Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan merupakan penilaian hasil belajar oleh Satuan Pendidikan yang bertujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran.

Bentuk Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan dapat berupa: Portofolio, Penugasan, Tes tertulis; dan/atau bentuk kegiatan lain yang ditetapkan Satuan Pendidikan sesuai dengan kompetensi yang diukur berdasarkan Standar Nasional Pendidikan, misalnya ujian bentuk praktik.

Bentuk Ujian berupa portofolio, penugasan dan bentuk lain misalnya ujian praktik dapat diselenggarakan secara penuh oleh satuan pendidikan. Bentuk ujian tes tertulis diselenggarakan oleh satuan pendidikan dibawah koordinasi Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Bentuk ujian tes tertulis dilaksanakan dengan menggunakan kisi-kisi dan soal yang disusun oleh guru-guru yang tergabung dalam tim MGMP di tingkat Provinsi Jawa Timur.

Ujian Satuan Pendidikan yang selanjutnya disingkat USP adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi peserta didik yang dilakukan Satuan Pendidikan dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan. USP yang dilakukan oleh Satuan Pendidikan bertujuan mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar dan/atau penyelesaian dari Sekolah. USP dilaksanakan dalam moda dalam jaringan (daring), yaitu Ujian Satuan Pendidikan Berbasis Komputer dan Smartphone yang selanjutnya disingkat USP-BKS.

Demi keberhasilan pelaksanaan USP-BKS SMA Negeri dan Swasta ini, maka diperlukan Pedoman Teknis yang selanjutnya disebut Domnis agar pelaksanaan USP-BKS dapat berjalan lancar, efektif, dan efisien. Domnis pelaksanaan USP-BKS ini disusun sebagai acuan sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam peraturan yang berlaku

Berikut beberapa poin penting yang kami kutip dari Pedoman teknis USP-BKS SMA Provinsi jawa Timur. Di akhir postingan ini kami sediakan link download pdf.

A. Persyaratan Peserta USP-BKS
Syarat yang harus dipenuhi peserta didik untuk mengikuti USP-BKS sebagai berikut.
1. Peserta terdaftar pada tahun terakhir jenjang pendidikan di satuan pendidikan SMA Negeri dan Swasta;
2. Peserta memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada satuan pendidikan tertentu mulai semester 1 (satu) tahun pertama sampai dengan semester 1 (satu) tahun terakhir; dan
3. Peserta memiliki ijazah atau surat keterangan lain yang setara, atau berpenghargaan sama dengan ijazah dari sekolah yang setingkat lebih rendah. Penerbitan ijazah yang dimaksud sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun sebelum mengikuti USP-BKS, atau sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun untuk peserta program SKS.

B. Hak dan Kewajiban Peserta USP-BKS
1. Hak Peserta USP-BKS
a. Setiap peserta didik yang telah memenuhi persyaratan berhak mengikuti USP-BKS.
b. Peserta USP-BKS yang karena alasan tertentu dan disertai bukti yang sah tidak dapat mengikuti USP-BKS utama dapat mengikuti USP-BKS susulan.
2. Kewajiban Peserta USP-BKS
a. Peserta USP-BKS wajib mengikuti semua mata pelajaran yang diujikan.
b. Peserta USP-BKS wajib mematuhi tata tertib peserta USP-BKS.

C. Pendaftaran Peserta USP-BKS
1. Satuan pendidikan pelaksana USP-BKS melaksanakan pendataan calon peserta berdasarkan data Dapodik.
2. Panitia USP-BKS melakukan verifikasi data calon peserta USP-BKS.
3. Kepala sekolah menetapkan daftar peserta USP-BKS.
4. Panitia USP-BKS menerbitkan kartu peserta USP-BKS.

D. Persyaratan Satuan Pendidikan Pelaksana USP-BKS
1. Persyaratan satuan pendidikan yang dapat melaksanakan USP-BKS adalah satuan pendidikan terakreditasi berdasarkan keputusan dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) untuk satuan pendidikan formal.
2. Dalam hal akreditasi satuan pendidikan telah habis masa berlakunya dan dalam proses pengajuan kembali (reakreditasi) maka status akreditasi yang lama masih berlaku sesuai dengan ketentuan BAN-S/M tentang reakreditasi.
3. USP-BKS pada satuan pendidikan yang belum terakreditasi diselenggarakan oleh satuan pendidikan terakreditasi pada jenjang pendidikan yang sama. Pelaksanaan USP-BKS bagi satuan pendidikan yang belum terakreditasi dapat berlangsung di satuan pendidikan yang bersangkutan, dengan persetujuan satuan pendidikan penyelenggara USP-BKS yang terakreditasi dan mengetahui Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten/Kota.
4. Mekanisme penyiapan dan penggunaan soal USP-BKS oleh satuan pendidikan yang belum terakreditasi dilakukan melalui kerja sama dengan satuan pendidikan terakreditasi dan dikoordinasikan oleh dinas pendidikan sesuai dengan kewenangannya.

Selengkapnya sahabat bisa membaca secara utuh DOMNIS USP-BKS SMA Provinsi Jawa Timur
dengan mendownload file pdfnya di bawah ini

Download  DOMNIS USP-BKS SMA Provinsi Jawa Timur

Baca juga : POS Ujian Nasional 

Nah, sahabat pembaca teamdapodikdasmen, demikian postingan kami kali ini mengenai DOMNIS USP-BKS SMA Provinsi Jawa Timur, Semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi kita semua

Post a Comment for "DOMNIS USP-BKS SMA Provinsi Jawa Timur"