Cara Cepat Input No KIP di Dapodik versi 2020

Cara Cepat Input No KIP di Dapodik versi 2020
kip
kip

Dapodik versi 2020 mengalami beberapa pembaharuan yang signifikan dibandingkan versi-versi sebelumnya. Begitupun dalam hal menginput data Nomor KIP bagi siswa yang mempunyai KIP. Apabila di versi dapodik sebelumnya berada di bawah opsi mendapatkan KIP atau tidak, pada dapodik versi 2020 ini dipindah ke tab kesejahteraan.

Kemudian bagaimana cara cepat input no KIP di dapodik versi 2020 ini ?
Berikut tahapannya.

  1. Persiapkan data No KIP yang sudah disetorkan oleh siswa, atau sekolah bisa menghimbau siswa yang memilikinya agar menyetorkan KIP dan bisa dimasukkan ke Dapodik.
  2. Masuk ke Aplikasi Dapodik versi 2020 dengan akun operator.
  3. Cari nama peserta didik di tab pencarian
  4. Klik nama peserta didik yang akan diinput no KIPnya
  5. Klik ubah
  6. Cari opsi "Apakah Punya KIP ?" klik Yes Kemudian klik Simpan sampai disini siswa sudah terdata sebagai pemilik KIP, tetapi akan terindikasi invalid karena belum memasukkan data No KIP dan Nama yang tertera di KIP tersebut. Untuk menghindari pesan invalid ketika akan melakukan sinkronisasi,
  7. Masuk ke tab Kesejahteraan
  8. Klik tambah
  9. Pilih Jenis Kesejahteraan (KIP), bisa juga memasukkan untuk PKH/KIS dsb
  10. Masukkan No KIP
  11. Masukkan Nama yang tertera di KIP kemudian klik simpan
Sampai disini siswa tersebut sudah terdaftar sebagai pemegang KIP dan usahakan sinkronisasi dapodiknya agar data tersebut bisa terkirim ke database pusat.

Nah, Pak guru sudah membagikan penjelasan mengenai cara cepat input no KIP di Dapodik 2020, Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua

Post a Comment for "Cara Cepat Input No KIP di Dapodik versi 2020"